Jumat, 27 November 2015

Bagaimana Cara Bunga Koral Menangkap Mangsanya ?



Bagaimana-Cara-Bunga-Koral-Menangkap-Mangsanya-1
Bunga koral adalah salah satu makhluk hidup yang biasa ditemui di dasar laut. Bunga koral terkenal akan keindahannya, sehingga tidak sedikit orang yang ingin melihat keindahannya secara langsung.

Seperti makhluk hidup lainnya, bunga koral juga membutuhkan makan untuk bertahan hidup. Namun, benarkah bunga koral mendapatkan makanannya dengan memangsa makhluk hidup lainnya ? Lalu bagaimanakah cara ia memangsa makanannya ?



Meskipun bernama bunga koral, namun ia bukanlah termasuk tumbuhan. Bunga koral sendiri adalah binatang laut invertebrata dan termasuk dalam kelas Anthozoa.

Bagaimana cara bunga koral menangkap mangsanya ?


Makanan bunga koral terdiri dari beragam jenis organisme kecil, mulai dari zooplankton hingga ikan kecil. Lalu bagaimana cara bunga koral menangkap mangsanya, padahal bunga koral sendiri tidak bergerak ?

Ads by Cangkruk Blogger
Ensiklopedia Populer: Ikan Air Laut
Belbuk.com  
Buku ini bukan hanya berguna bagi para pecinta ikan air laut, tapi juga dapat menjadi sumber informasi bagi Anda yang akan terjun ke bisnis ikan air laut.
Set Alat Snorkel
Tokoone.com
Cocok untuk persiapan liburan Anda, khususnya yang memang hobi snorkeling. Lebih hemat daripada membeli perlatan di tempat wisata
Nanslee Food Co. Algae Keripik Rumput Laut Rasa Original
Blibli.com
Cemilan tradisional yang sehat bebas dari bahan pengawet dan pewarna buatan, terbuat dari rumput laut dan bayam yang di goreng dengan tepung menciptakan rasa renyah dan gurih.
Sabun Wahida Rumput Laut
BerkahHerbal.com
Kini perawatan dan kecantikan kulit tubuh anda dengan rumput laut dapat diperoleh dengan mudah dalam setiap aktivitas mandi anda.

Tentu saja, bunga koral tersebut menunggu hingga mangsanya mendekat dan melakukan kontak dengan salah satu tentakel. Lalu ada apa dengan tentakel bunga koral tersebut.

Tentakel bunga koral memiliki semacam nematosis atau semacam sel penyengat yang menginjeksikan racun pada mangsa bunga koral yang mendekat, hingga menjadikan mangsa tersebut tidak bergerak atau bahkan dapat membunuhnya.

Senjata seperti nematosis sendiri, tidak hanya ditemui pada bunga koral, namun pada umumnya pada hampir semua hewan dengan filum Cnidaria, seperti ubur - ubur, tawon laut dan lain sebagainya.

Setelah mangsa tersebut terkena racun, lalu tentakel bunga koral tersebut akan menggerakkan mangsa tersebut ke dalam mulutnya. Namun, pekerjaan tentakel dari bunga koral tersebut tidak berhenti di situ saja.

Tentakel tersebut juga mengikat mangsanya dan kemudian membawa mangsa tersebut kedalam perut dari bunga koral. Setelah, mangsa tersebut berhasil dicerna, perut dari bunga koral akan kembali membuka dan menandai siklus perburuan bunga koral kembali dimulai.

Cara Lain Bunga Koral Dalam Mendapatkan Makanan


Beberapa bunga koral dikenal memiliki cara lain dalam mendapatkan nutrisi dan energi untuk bertahan hidup.

Salah satu caranya adalah dengan cara menjalin hubungan simbiosis mutualisme dengan makhluk hidup lainnya, dalam hal ini dengan organisme dinoflagellata yang memiliki kemampuan fotosintesis. Seperti, Zooxanthellae dari genus Symbiodinium.

Organisme ini hidup diantara jaringan tubuh bunga koral. Kemudian ketika organisme ini melakukan fotosintesis, maka bunga koral juga akan mendapatkan energi dari organisme untuk kelangsungan hidupnya.

Tentu saja, bukan berarti bunga koral tidak perlu melakukan apa - apa sebagai "tuan rumah" dari organisme ini. Bunga koral perlu menyediakan "bahan" agar Zooxanthellae dapat melakukan fotosintesis, seperti karbon dioksida dan ammonium (NH4+).

Lalu, apa yang terjadi bunga koral tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut ? Biasanya yang akan terjadi, bunga koral akan mengalami "stress" dan akan "mengusir" Zooxanthellae dari jaringan tubuh mereka.

Pelepasan besar - besaran Zooxanthellae dari bunga koral dapat menyebabkan bunga koral menjadi memutih, karena Zooxanthellae sendiri, berkontribusi pada warna coklat yang dimiliki oleh bunga koral.

bunga-koral-memutih


Karena dalam proses fotosintesis diperlukan sinar matahari, maka bunga koral dengan cara mencari makan tersebut, biasa ditemui pada daerah lautan yang masih mendapat paparan sinar matahari yang memadai.



Itulah bagaimana cara bunga koral menangkap mangsanya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.


Bagi anda yang tidak ingin kelewatan promo dan diskon terbatas dari toko - toko online di Indonesia, like fb page kami yang lain yaitu "Cari Produk Murah Online" disini.

Jangan sampai anda kelewatan kesempatan untuk mendapatkan salah satu dari produk terbaik dengan harga murah Like button "Cari Produk Murah Online" di bawah :





Referensi :

1. Wikipedia Bahasa Inggris. Coral. Wikipedia Bahasa Inggris. https://en.wikipedia.org/wiki/Coral. (Diakses, 26 November 2015) 

2. Wikipedia Bahasa Inggris. Coral Bleaching. Wikipedia Bahasa Inggris. https://en.wikipedia.org/wiki/Coral_bleaching (Diakses, 26 November 2015)

3. Wikipedia Bahasa Inggris. Zooxanthellae. Wikipedia Bahasa Inggris. https://en.wikipedia.org/wiki/Zooxanthellae. (Diakses, 26 November 2015)

4. Wikipedia Bahasa Inggris. Dinoflagellate. Wikipedia Bahasa Inggris. https://en.wikipedia.org/wiki/Dinoflagellate (Diakses, 26 November 2015)

5. Budiskj. 2015. Ciri-ciri Coelenterata atau cnidaria. Sridianti, 10 September. http://www.sridianti.com/ciri-ciri-coelenterata-atau-cnidaria.html (Diakses, 26 November 2015)



Gambar :

1. Grendelkhan. 2006. Leaf_plate_montipora.gk.jpg. Wikipedia Bahasa Inggris, 19 Agustus. https://en.wikipedia.org/wiki/File:Leaf_plate_montipora.gk.jpg (Diakses pertama kali, 23 November 2015)

2. Acropora. 2005. Bleachedcoral.jpg. Wikipedia Bahasa Inggris, 21 Januari. https://en.wikipedia.org/wiki/File:Bleachedcoral.jpg (Pertama kali diakses, 26 November 2015)



Disqus for Cangkruk Blogger